Diet pasien hiv ppt

Monitor respon fisiologis terhadap aktivitas 2. Rasional Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan imunosupresi, malnutrisi dan pola hidup yang beresiko.

Jika Anda mengalami diare atau muntahAnda butuh minum lebih banyak dari biasanya. Pasien akan bebas infeksi oportunistik dan komplikasinya dengan kriteria tak ada tanda-tanda infeksi baru, lab tidak ada infeksi oportunis, tanda vital dalam batas normal, tidak ada luka atau eksudat. Defisiensi Nutrisi Masalah nutrisi pada odha dapat disebabkan oleh beberapa mekanisme yang bekerja sendiri-sendiri atau saling mempengaruhi.

Beberapa faktor dapat menyebabkan asupan makanan yang abnormal. Umumnya diet pasien hiv ppt masih mengutamakan konsumsi karbohidrat yang memang lebih cepat menimbulkan rasa kenyang dan kenyamanan sesaat. Pemberian obat antiretroviral golongan penghambat protease dapat menyebabkan akumulasi lemak tubuh yang abnormal lipoatrofi dan lipodistrofiresistensi insulin perifer, serta kenaikan kolesterol, trigliserida, dan glukosa darah.

Tapi pada kenyataannya protein dan serat—yang berasal dari sayuran dan buah-buahan—jarang terpenuhi dalam menu harian pasien HIV.

Selain itu nutrisi yang baik juga dapat membantu proses tubuh dalam memetabolisir obat-obatan yang dikonsumsi odha. Konsumsi nutrien yang tidak adekuat adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kondisi gizi yang buruk.

Tatalaksana Gizi Pasien HIV AIDS

Ulserasi di mukosa mulut akibat virus atau idiopatik juga sering terjadi sehingga menyebabkan nyeri sewaktu makan. Karenanya yang terbaik adalah makan makanan yang dimasak sendiri di rumah karena kebersihannya relatif lebih baik.

Jadwalkan perawatan pasien sehingga tidak mengganggu isitirahat. Kalau pasien hanya makan sedikit dan kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, efek samping obat akan lebih berat dan kondisinya bisa semakin menurun.

Keberhasilan terapi antiretroviral terbukti menurunkan morbiditas dan mortalitas pada odha. Untuk mendapatkan jumlah dan jenis karbohidrat yang cukup, Anda bisa mendapatkannya dari: Gunakan darah dan cairan tubuh precaution bial merawat pasien.

Berikan bantuan perawatan yang pasien sendiri tidak mampu 3. Sebagai penutup, olahraga aman dilakukan oleh odha dan banyak manfaatnya. Sebaiknya odha tidak perlu terlalu takut kelebihan kalori apalagi protein, karena odha sangat memerlukannya.

Untuk itu, sebaiknya Anda menambahkan konsumsi cairan Anda dan meningkatkan asupan serat Anda untuk membantu mengurangi sembelit.

Saat ini untuk meningkatkan nafsu makan memang sudah tersedia beberapa jenis obat, misalnya siproheptadin. Lippincott Company, London. Kaji koping keluarga terhadap sakit pasein dan perawatannya 2.

Selain masalah nutrisi klasik, sejak diberikannya terapi antiretroviral highly active antiretroviral therapy, HAART pada odha, mulai timbul masalah-masalah nutrisi baru, yang akan dibahas kemudian.

Seharusnya obat yang sudah cukup lama masa patennya ini kini bisa diperoleh dalam bentuk generik. Protein bisa Anda dapatkan dari hewan maupun tumbuhan, seperti ayam, daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kumpulkan spesimen untuk tes lab sesuai order. Mereka tak menyadari bahwa mereka berbicara secara bebas Menghilangkan kecemasan tentang transmisi melalui kontak sederhana. Auskultasi bunyi usus 3. Namun sebaiknya hindari lemak untuk sementara waktu jika ada diare, karena justru akan memperberat masalah.

Ajarkan kepada keluaraga tentang penyakit dan transmisinya.Virus HIV dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh sehingga penderita HIV/ AIDS membutuhkan banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk membantu melawan penyakit. Selain itu, diet untuk penderita HIV/ AIDS juga ditujukan untuk membantu menyembuhkan gejala.

Diet Sehat; Anjuran Makanan ; Penyebab Penyakit hiv aids scribd asuhan keperawatan hiv aids pdf asuhan keperawatan hiv pada anak asuhan keperawatan hiv aids ppt asuhan keperawatan hiv pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada anak asuhan keperawatan hiv pada orang dewasa asuhan keperawatan hiv aids pada anak pdf asuhan keperawatan hiv.

HIV/AIDS powerpoint 1.

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN HIV-AIDS

Josie Minor 2. HIV~ (Human Immunodeficiency Virus) The virus compromises the body’s ability to handle disease and causes AIDS. AIDS~ (Acquired Immune Deficiency Syndrome) It is related to HIV, but they are not one in the same. Download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd.

Flag for inappropriate content. Penatalaksanaan Diet. Karena orang dengan HIV/AIDS sering mengalami masalah nutrisi, maka sebaiknya mereka tidak berpantang makanan apapun, kecuali memang sangat diperlukan.

Panduan Pola Makan untuk Penderita HIV/ AIDS

Bahkan untuk odha yang mengalami malnutrisi, apalagi wasting syndrome, diberikan diet tinggi kalori dan tinggi protein: susu, telur, daging, ikan, sangat dianjurkan. · 30 बातें HIV अाैर Aids के बारे में ये जो पूरी दुनिया को जाननी चाहिये // Must know- AIDS/HIV - Duration: Author: Stay Healthy.

Diet pasien hiv ppt
Rated 0/5 based on 80 review