Penurunan berat badan pada penyakit dm

Perubahan karena usia lanjut berhubungan dengan resistensi insulin dapat mendukung terjadinya DM karena toleransi glukosa secara berangsurangsur akan menurun bersamaan dengan berjalannya usia seseorang mengakibatkan kadar glukosa darah yang lebih tinggi dan lebih lamanya keadaan hiperglikemi pada usia lanjut.

Anderson Price, Diabetes melitus adalah gangguan metabolik kronik yang tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol yang dikarakteristikan dengan ketidak ade kuatan penggunaan insulin Barbara Engram;Diabetes melitus adalah suatu penyakit kronik yang komplek yang melibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak dan berkembangnya komplikasi makro vaskuler, mikro vaskuler dan neurologis Barbara C.

Berupa infeksi virus coxakie dan Gondogen yang merupakan pemicu yang menentukan proses autoimun pada individu yang peka secara genetic.

Penataan kembali peran dan kegiatan rumah tangga. Keluarnya glukosa dalam urin akan menimbulkan keadaan diuresis osmotik. Engram, B. Faktor genetik Riwayat keluarga dengan diabetes: Pembagian tanggung jawab anggota keluarga.

Modern Nutrition in Health and Disease, 10th Edition. Manusia seperti halnya semua makhluk hidup didunia ini mempunyai batas keberadaannya dan akan berakhir dengan kematian. Diabetes yang terjadi selama kehamilan perlu mendapat perhatian khusus.

Hall, John E. Pada keadaan tertentu Misalnya pada wanita dalam masa kehamilan atau karena efek dari obat— obatan tertentu Long, Kelainan reseptor insulin dan sindrome genetik tertentu. Epidemiologi Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih 12 juta orang.

Caballero, Benjamin. Kelemahan atau rasa lemah sepanjang hari. Memberikan kebebasan yang seimbnag dengan tanggung jawab.

Asuhan Keperawatan pada pasien dengan diabetes melitus lengkap beserta laporan pendahuluannya

Sebelum insulin dapat berfungsi, ia harus berikatan dengan protein reseptor yang besar di dalam membrana sel. Gunawan, Sulistia Gan. Dalam sel-sel tersebut, insulin menimbulkan efek berikut ini: Yaitu intoleransi glukosa yang timbul selama kehamilan, dimana meningkatnya hormon — hormon pertumbuhan dan meningkatkan suplai asam amino dan glukosa pada janin yang mengurangi keefektifitasan insulin.

Penyakit koroner p. Polifagi banyak makanrasa lapar meningkat. Kurang tahan lapan dengan dietnya. Pulau langerhans yang tidak mengeluarkan sekretnya keluar, tetapi menyekresi insulin dan glukagon langsung ke darah.

Gejala lain yang dirasakan penderita 5. Non obesitas 2. Pengaturan sekresi insulin dipengaruhi efek umpan balik kadar glukosa darah pada pankreas. Jumlah semua pulau langerhans di pankreas diperkirakan antara 1 — 2 juta.

Mempunyai penyulit mikroangiopati misalnya terdapat retinopati diabetik tetapi belum ada nefropati yang nyata.

Peran utama perawat adalah mengkaji peran orang tua; bagaiaman orang tuan berinteraksi dan merawat bayi.Pada penderita diabetes tipe 2, pengontrolan kadar gula darah dapat dilakukan dengan beberapa tindakan seperti diet, penurunan berat badan, dan pemberian tablet diabetik.

Apabila dengan pemberian tablet belum maksimal respon penanganan level gula dalam darah, maka obat suntik mulai dipertimbangkan untuk diberikan. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, kemungkinan dibutuhkan oleh masukan makanan yang tidak adekuat, kurang minat pada makanan, penurunan berat badan % atau lebih dari yang diharapkan, kelemahan, tonus otot buruk, diare berhubungan denganAuthor: SANUSI.

Penurunan berat badan secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara justgohostelbraga.com: (08) Diabetes mellitus (DM) merupakan kelainan metabolic dimana ditemukan ketidakmampuan untuk mengoksidasi karbohidrat, akibat gangguan pada mekanisme insulin yang normal, menimbulkan hiperglikemia, glikosuria, poliuria, rasa haus, rasa lapar, badan kurus, kelemahan, asidosis, sering menyebabkan dispnea, lipemia, ketonuria hingga koma (Dorland: ).Author: Anita Simanungkalit.

· Penurunan berat badan pada pasien-pasien DM Tipe 2 yang mengalami obesitas umumnya akan menurunkan resistensi insuliin. Dengan demikian, penurunan berat badan akan meningkatkan pengambilan glukosa oleh sel dan memperbaiki pengendalian glukosa darah.

Mengetahui mekanisme timbulnya poliuria, polineuropati, retinopati, serta penurunan berat badan pada penderita DM. Mengetahui hubungan antara penyakit yang diderita ibu Author: Agatha Dinar.

Penurunan berat badan pada penyakit dm
Rated 3/5 based on 35 review